-->

A+ A-

Pulau Senua (Senoa Island) yang berada di kabupaten natuna provinsi KEPRI ini, merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia yang terletak di laut cina selatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga malaysia timur (Borneo) dan vietnam. Apabila Anda singgah di pulau bunguran, maka sempatkan lah untuk berkunjung  menuju  pulau senoa, sebab selain sebagai destinasi wisata bahari untuk snorkling dan diving, pulau senua juga merupakan lokasi penangkaran penyu.

Penyu adalah kura-kura laut yang ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman jura (145 - 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Pada masa itu archelon, yang berukuran panjang badan enam meter, dan cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini.


Pelepasan Bayi Penyu di Pulau Senoa Natuna

Penyu memiliki sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung yang memberinya ketangkasan berenang di dalam air. Walaupun seumur hidupnya berkelana di dalam air, sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia itu tetap harus sesekali naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Itu karena penyu bernapas dengan paru-paru. Penyu pada umumnya bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 kilometer dapat ditempuh 58 - 73 hari.

Di Pulau Senoa, pengunjung akan menemukan penyu yang berkeliaran dengan bebas di pinggir pantai. Di pulau ini juga terdapat sarang burung walet di sejumlah gua. Pulau senoa ini merupakan pulau yang memiliki pesona keindahan yang alami, selain pulau senoa ini memiliki pantai yang memiliki air yang sangat jernih dan pasir yang putih bersih.

Tidak hanya pulau senoa ini saja yang indah, ternyata perjalanan menuju pulau ini pun takkalah indah nya dengan objek yang akan di tuju yaitu pulau senoa, para wisatawan dapat melihat pemandangan air laut yang jernih dengan terumbu karang yang indah. Saat itu pula kita di suguhi pesona gunung ranai yang puncaknya di selimuti awan tebal dengan jelas.

Pulau senoa banyak di kunjungi pada saat hari libur oleh masyarakat setempat, biasanya mereka berlibur ke pulau ini bersama keluarga dan teman-teman mereka untuk menikmati mandi air laut di tepian pantai. Bagi anda yang mempunyai hobby memancing jangan lupa membawa tali pancingan karena untuk mendapatkan ikan berukuran sedang masih tergolong mudah di pulau senua ini, kita cukup memancing di bibir pantai atau pinggir bebatuan yang ada di pulau ini.


Pulau Senoa

Pulau senua dapat di jangkau dengan menggunakan perahu (pompong) dari teluk baruk, kota ranai pulau bunguran, sekitar selama 30 menit.

Sekian yang dapat halaman kepri sampaikan semoga bermanfaat dan Kabupaten Kepulauan Riau Bertambah Jaya.

 
Top