-->

A+ A-

Pulau Nikoi, sebuah private island seluas 16,9 hektar ini berada di kawasan administrasi Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau Indonesia (Kepri), hanya berjarak sekitar 85 kilometer sebelah tenggara Singapura. Pulau ini di sewa oleh Andrew dan Julia Dixon, pasangan dari Australia sejak 2005. Mereka membuka resor sejak 2007 dan kini sudah ada 48 vila rumah panggung beratap rumbia di sana. Nikoi juga pernah menjadi runner-up di Wild Asia's 2009 Responsible Tourism Awards, untuk kategori operator akomodasi kecil dan menengah.
Keindahan dan ketenangan yang di tawarkan pulau Nikoi telah menjadikannya sebagai The Best Private Island 2016 oleh majalah Conde Nest Traveler, salah satu media pariwisata global yang terkemuka. Conde Nast Traveller, sampai tak ragu menyebut Pulau Nikoi berada di urutan teratas sebagai pulau private terbaik dunia. Dari mulai resor, kenyamanan, fasilitas, panorama, hingga harga, Pulau Nikoi lah pemenang nya. Pulau Nikoi juga berhasil menyambar gelar runner up dari National Geographic untuk kategori lingkungan.

Pulau Nikoi berpasir putih, di kelilingi pantai yang bersih, airnya biru, batu-batu besar berwarna putih tinggi menjulang dengan keragaman flora dan fauna lautnya. Dua pertiga dari pulau ini berupa hutan Banyan, rumah bagi berbagai jenis burung. Penyu dan kura-kura. Jika anda beruntung anda bisa bertemu binatang-binatang lucu dan menarik seperti penyu bahkan bayi penyu yang baru menetas. Tidak ada kebisingan dan tidak ada suara kendaraan. Suasananya tenang, nyaman, dan alami.
Pulau Nikoi dibuat dengan konsep alami back to nature, konsumsi energi di Pulau ini sangat irit dan ramah lingkungan. Tidak ada televisi dan AC di dalam kamar. Listrik pun hanya menggunakan genset. Penerangan untuk jalan menggunakan lampu colok.  Untuk makanan, hampir seluruhnya merupakan bahan lokal akan tetapi fasilitas dalam vila dibuat sangat modern. Menu yang disediakan dan pelayanan nya pun berkelas dunia. Pulau Nikoi memang sangat menawan, dikemas dengan bagus. Konsep pengelolaannya jelas dan unik.

Jika anda khawatir dengan nyamuk yang biasanya menggangu ketika berlibur di pulau, maka jangan terlalu khawatir jika anda brlibur di pulau ini, sebab pihak pengelola punya cara tersendiri untuk mengurangi siklus nyamuk, yakni menggunakan sistem apartemen nyamuk.
Meski dibuka untuk umum, namun tidak mudah masuk ke pulau ini. Pengelola pulau hanya memberikan kesempatan kepada 42 wisatawan dalam sehari. Itu pun jika tidak ada booking-an khusus dari wisatawan lain. Jika pulau ini sudah di-booking, maka tidak ada orang lain yang bisa masuk.  Bagi anda yang ingin mengunjungi pulau ini tanpa harus menginap, anda tetap harus membayar 120 Dolar Singapura. Bagi yang menginap, harus membayar kamar. Harganya bervariasi mulai dari 360 dolar hingga 600 dolar Singapura. Itu di luar makan.

Rute menuju Nikoi Island ini sebenar nya tidak lah terlalu sulit, dengan titik awal keberangkatan dari bandara Pangkal Pinang anda tinggal menyewa transportasi menuju Pelabuhan Kapal, dan dari sana anda tinggal menggunakan kapal yang di sedia kan pengelola hotel untuk melakukan penyebrangan menuju Nikoi Island. Perjalanan dari bandara menuju ke Nikoi Island diperkirakan akan memakan waktu hanya 1 jam perjalanan saja.
Ada beberapa informasi kecil yang bisa menjadi sedikit petunjuk ketika anda berkunjung di Nikoi Island. Mari kita simak tips berikut ini.

1.Persiapkan waktu kunjungan anda ke pulau ini dengan melakukan booking bahkan dari 3 bulan sebelum keberangkatan, sebab pulau ini hanya menerima reservasi dari jauh-jauh hari saja. cobalah untuk melihat cara pemesanan melalui situs remi mereka www.nikoi.com

2.Persiapkan biaya perjalanan anda dengan baik. sebagai gambaran saja, untuk biaya yang dikeluarkan sebagai biaya menginap dan merasakan keindahan pulau ini adalah 320 SGD di mana sudah termasuk dengan biaya antar jemput anda dari dan menuju pulau.

3.Bagi penghobi diving, pastikan anda memiliki kualifikasi yang sesuai, sebab arus di Nikoi Island termasuk yang cukup besar. Dan untuk waktu terbaik untuk melakukan diving andalah dari bulan Maret hingga November. Pada bulan tersebut visibilitas anda ketika diving adalah yang paling optimal.


Top 10 Terbaik di Global Private Island

1. Nikoi Island, Indonesia
2. Amanpulo, Filipina
3. Turtle Island, Fiji
4. Island Lake Malaren, Swedia
5. Ariara Island, Filipina
6. Necker Island, Kepulauan Virgin
7. Velaa Island, Maladewa
8. Pulau Utara, Selandia Baru
9. Ile des Deux Cocos, Mauritius
10. Parrot Cay, Karibia.

Artikel Menuju Pulau Nikoi Kabupaten Bintan di Provinsi Kepulauan Riau Indonesia ini di dapat dari berangam sumber informasi yang dapat di percaya dan direka ulang oleh Halamankepri semoga bermanfaat menambah pengetahuan kita bersama. Terimakasih Atas Kunjungan Anda.

 
Top