-->

A+ A-

Halamankepri@: Anambas tidak hanya punya satu atau dua pulau yang menawan, ada belasan bahkan puluhan pulau-pulau cantik. Seperti untaian kalung mutiara yang tidak pernah terputus, begitulah gugusan pulau di kabupaten anambas di Provinsi Kepulauan Riau itu. Nyaris semua pulaunya memiliki pantai berpasir putih.
Pulau Bawah
Pulau Bawah Secara administrasi termasuk wilayah Desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau dengan koordinat geografis berada di posisi 02o 31’ 05” LU 106o02’ 48” BT. Pulau bawah yang merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri atas lima pulau, yakni Bawah, Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang. Formasi kelima pulau itulah yang membentuk laguna, sebut saja Laguna Pulau Bawah. Luas keseluruhan pulau sekitar 99.379 Ha.
Kawasan Pulau Bawah
Laguna pulau bawah yang masih perawan ini disebut sebagai Asia’s top five tropical island paradises tercantik setelah Tahiti, dan kekayaan pulau bawah lautnya tidak kalah dengan Raja Ampat, Bunaken dan lokasi terbaik di timur Indonesia lainnya.
Seperti memiliki magnet tersendiri, pulau ini memiliki keindahan alam yang masih sangat alami sehingga mampu menarik wisatawan dari berbagai negara untuk datang berkunjung. Air laut di kawasan laguna sangat jernih sehingga dari atas permukaan air, kita bisa melihat jelas obyek sampai ke dasar laguna, termasuk ikan-ikan karang. Dasar laguna berupa pasir putih dengan sebaran terumbu karang di sejumlah titik
Ketika anda tiba di dermaga dan melihat ke air laut, maka dasar laut akan terlihat dengan jelas, terumbu karang, ikan, dan biota laut lainnya dapat anda lihat dengan jelas.
Dermaga Pulau Bawah
Pulau bawah merupakan pulau tanpa penduduk, sehingga sarana dan prasarana sangat terbatas. beberapa sarana yang ada dipulau bawah ini adalah dermaga yang terbuat dari kayu,jalan semen setapak, sumber air dari sumur tanah, landasan helikpter 4x6 meter terbuat dari papan, rumah jaga petugas resort pulau bawah.

Bila anda ingin ke Pulau bawah, bisa menempuh perjalanan dari Batam atau Tanjung pinang menuju kota tarempa Anambas.Dari kota tarempa  menuju pulau bawah dapat ditempuh dengan menggunakan speedboat selama lebih kurang 4 jam dengan kecepatan 15 knot.

Semoga Dapat Memberi Manfaat Edisi Halamankepri Ini

 
Top