-->

A+ A-


titik referensi batas laut kota batam di pantai cakang
Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan berlibur bersama keluarga. Menjelang akan semakin banyaknya long weekend   pastikan Anda sudah merencanakan liburan seru bersama keluarga. Salah satunya adalah pantai. Siapa yang tidak suka bermain dengan air laut, pasir putih di pinggir pantai dan malam harinya bisa barbeque di pinggir pantai.

Kota batam memiliki banyak destinasi wisata pantai yang mempesona salah satunya pantai cakang yang berada di Titik Referensi batas laut kota batam ini.

Bagi anda pecinta wisata pantai tidak ada salahnya mencoba datang ke pantai cakang yang memiliki keindahan alami hamparan pasir putih dibalut bebatuan serta perbukitan yang membentang dari atas bukit sampai di tepi pantai, dengan berjalan kaki dari jembatan kecil melalui taman-taman yang sudah tersusun indah di bawah pepohonan ditemani hembusan angin pantai.

ayunan di pantai cakang


pantai bagian ujung di hiasi bebatuan
dari ujung pantai terlihat salah satu pulau


Pantai cakang merupakan salah satu pantai wisata yang berada dikawasan pulau galang baru dan merupakan pantai paling ujung di kota batam kepulauan riau indonesia (KEPRI).

Untuk menuju pantai cakang di pulau galang baru dapat di mulai dari kota batam menggunakan kendaraan sendiri, menggunakan jasa travel, taksi atau sewa kendaraan karena tranportasi umum agak sulit. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari pulau Batam.

Dari pintu masuk, anda mungkin mengira tidak ada pantai, karena pantai Cakang tertutup semak dan pepohonan.  Tinggal telusuri jalan setapak hingga sampai di ujung di situlah pantai Cakang.

Air laut Pantai Cakang cukup berisik. Spot yang menggugah keinginan pengunjung untuk memotret diri dengan pemandangan sudut pantai. Bila datang pada sore hari, pemandangan sunset cukup memberikan tontonan yang indah.

Paling pas duduk di pelantaran yang sudah tersedia di sebelah kanan pantai ini atau persis ketika menuruni tangga masuk. Ada beberapa pepohonan yang di pagar yang menghadap ke laut. Tersedia pula tempat duduk di bawah pohon itu.

Pantai ini dikelilingi lingkungan hijau dan pepohonan, taman bunga, sehingga masih asri. Pantai Cakang cukup ditata dengan beton-beton, tangga yang diukir seadanya. Fasilitas lainnya yang tersedia seperti ayunan, pondok-pondok kecil yang gratis. Ada pelantaran kayu yang menjorok ke pantai.

Berikut Tips Liburan Ke Pantai Bersama Keluarga:

Hindari Sinar Matahari Langsung

Pada jam tertentu, terpapar sinar matahari langsung saat di pantai bisa berdampak buruk terhadap kulit. Bisanya antara pukul 10.00–14.00, sangat tidak disarankan berjemur di pantai atau terpapar langsung sinar matahari. Jika pun tetap ingin agar aman gunakanlah beberapa pelindung, di antaranya menggunakan payung atau berteduh di tenda.

Gunakan Sunblock Dan Topi Selama Di Pantai

Sunblock dan topi merupakan salah satu perlengkapan yang perlu di bawa dan di gunakan selama berlibur di pantai. Dimana perlengkapan ini sangat berguna untuk meminimalisirkan sinar matahari secara langsung dengan kulit Anda.

Pilih Kaos Dengan Bahan Katun

Pakaian pun menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan selama liburan di Pantai. Sangat dianjurkan untuk menggunakan kaos berbahan katun, selain kaos itu nyaman saat di gunakan, serta kaos yang dari bahan katun sangat mudah untuk menyerap keringat.

Periksa Terlebih Dahulu Kondisi Air Laut

Pantai wisata biasanya memiliki pengawas atau penjaga pantai yan bertugas setiap pada waktu tertentu. Sebelum melakukan aktifitas di pantai, seperti renang, alangkah baiknya anda menanyakan terlebih dahulu kepada penjaga pantai soal kondisi pantai. Apakah gelombangnya sedang pasang atau surut, berombak atau tenang. Serta tanyakan juga soal binatang berbahaya yang ada di sekitar pantai, ubur-ubur yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Saat Berenang

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin berenang di Pantai. Biasanya ada beberapa rambu-rambu yang di pasang di tempat yang berkemungkinan berbahaya. Rambu-rambu ini biasa nya di tandai dengan berbentuk bendera. Diantara hal-hal berbahaya biasanya berupa karang atau tanaman laut yang bisa merobek kulit ataupun berupa dasar laut yang terdapat palung yang bisa berbahaya jika Anda berenang. Dan adapun rambu-rambu tersebut sebagai patokan pengawas pantai untuk memantau pengunjung selama berenang. Maka, jangan pernah Anda berenang melewati batas rambu-rambu tersebut.

Selalu Awasi Anak Anda Selama Di Pantai

Berikan pengawasan ekstra kepada anak Anda selama berlibur di Pantai. Laut bisa sangat menyenangkan bagi anak Anda dan juga bisa sangat berbahaya apabila tersapu ombak. Maka dari itu, pastikan anak Anda jangan sampai lepas dari penjagaan Anda.

Jangan Menyentuh Cagar Alam Pantai
Beri bimbingan kepada anak ataupun kepada anggota keluarga Anda selama liburan di Pantai. Jangan pernah menyentuh cagar alam Pantai baik itu tanaman maupun hewan laut, apalagi sampai merusak nya. Karena hal ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan ekosistem Pantai.

Bawalah Air Mineral

Untuk menghindari dehidrasi selama berlibur di Pantai, bawalah air mineral secukup nya. Karena berlibur di Pantai merupakan lokasi yang panas dan memerlukan energi ekstra, baik selama berada di pantai ataupun saat berenang.

Yang terpenting adalah selalu pastikan keselamatan dan kenyaman seluruh anggota keluarga saat liburan. Perhatikan setiap kegiatan yang akan dilakukan oleh seluruh keluarga, agar tidak ada insiden yang tidak diinginkan dan liburan tetap menjadi menyenangkan untuk seluruh anggota keluarga.

 
Top